Harian

Di menu ini, bapak dan ibu guru bisa membaca beragam tugas sehari-hari untuk siswa.

Pekerjaan Rumah

Di menu ini, bapak dan ibu guru bisa membaca pekerjaan rumah yang mungkin perlu diberikan.

Ulangan

Di menu ini, bapak dan ibu guru bisa membaca contoh penilaian atau asesmen.

Unduh

Di menu ini, bapak dan ibu guru bisa mengunduh berbagai hal yang terkait dengan soal.

Daring

Di menu ini, bapak dan ibu guru bisa mengenalkan soal secara daring kepada siswa.

Jumat, 16 September 2022

Rangkuman Materi Tema 2 Kelas 5 Kurikulum 2013 versi 3


Masih mau belajar bersama Budi dan Wati, tentang Tema 2 Kelas 5? Jika masih mau, mari belajar dengan semangat. Namun jangan lupa, bagi yang belum baca materi harian, bisa melihatnya di tautan berikut:
1. Tema 2 Subtema 1 --> DISINI
2. Tema 2 Subtema 2 --> DISINI
3. Tema 2 Subtema 3 --> DISINI
Kalau sudah, kalian bisa secara daring membaca rangkumannya.
1. Tema 2 Subtema 1 -->DISINI
2. Tema 2 Subtema 2 -->DISINI
3. Tema 2 Subtema 3 -->DISINI

Ingat lho, yang ini versi 3. Yang versi 1 dan 2, cek di postingan sebelumnya.

Rangkuman Materi Tema 2 Kelas 5 Kurikulum 2013 versi 2


Pengin belajar yang Tema 2 Kelas 5 versi 2? Baiklah sekarang Budi dan Wati akan berbagi rangkuman versi duanya. Tetapi sebaiknya, kalian lihat dulu tautan berikut:
1. Tema 2 Subtema 1 --> DISINI
2. Tema 2 Subtema 2 --> DISINI
3. Tema 2 Subtema 3 --> DISINI
Kalau sudah, kalian bisa baca atau unduh rangkuman versi 2 --> DISINI

Ingat lho, yang ini versi 2. Yang versi 1, di postingan sebelumnya.

Rangkuman Materi Tema 2 Kelas 5 Kurikulum 2013 versi 1


Apakah kalian sudah mempelajari slides Tema 2 Kelas 5 yang sudah dibagikan oleh Budi dan Wati? Kalau belum kalian bisa melihatnya di tautan berikut:
1. Tema 2 Subtema 1 --> DISINI
2. Tema 2 Subtema 2 --> DISINI
3. Tema 2 Subtema 3 --> DISINI
Kalau sudah, kalian bisa baca atau unduh rangkumannya --> DISINI

Ingat lho, yang ini versi 1. Yang versi 2, di postingan berikutnya.

Materi Tema 2 Subtema 3 Kelas 5 Kurikulum 2013


Bagaimana tampilan slides Tema 2 Subtema 1 dan 2 Kelas 5 Kurikulum 2013? Ciamik bukan? Pengin lihat? 

Budi dan Wati akan segera membagikan, sebab mereka ingin teman-teman lain juga mendapatkan nilai yang bagus. Tidak cuma mentok, ngepas di KKM. Apalagi di bawahnya. Duh, sedih pokoknya. Kok jadi melow sih? Langsung gercep saja  --> DISINI!

Sumber: Bupena Erlangga

Materi Tema 2 Subtema 2 Kelas 5 Kurikulum 2013


Setelah membagikan slides Tema 2 Subtema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013. Mereka, yaitu Budi dan Wati juga ingin melanjutkan berbagi, tapi kali ini untuk Subtema 2.

Subtema yang akan dibagikan ini juga punya tampilan yang sama, penuh gambar yang menarik. Dan tentu saja materi yang diuraikan disampaikan dengan menawan. Ayo langsung melihat --> DISINI! Agar tidak keburu ngiler.

Sumber: Bupena Erlangga

Materi Tema 2 Subtema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013


Pagi itu, Budi, Wati, dan teman-teman dengan khusyuknya mendengarkan paparan materi dari Pak Guru tentang Tema 2 Subtema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013. Karena setelahnya akan diadakan penilaian harian. Mereka tak ingin "kecolongan" lagi mendapatkan nilai buruk seperti saat penilaian harian sebelumnya. Mereka malu, sebab kertas ulangannya ditanda-tangani orang tua.

Dan mereka juga tak ingin, hal yang sama terjadi pada kalian. Oleh karena itu, mereka ingin membagikan slides yang berisi bahan ajar harian untuk Tema 1 Subtema 2 Kelas 5 Kurikulum 2013. Tanpa berpanjang kata lagi, klik --> DISINI untuk melihatnya.

Sumber: Bupena Erlangga

Kamis, 15 September 2022

Tanya Jawab Asesmen Nasional

Di sini, Wati dan Budi akan bertanya jawab tentang Asesmen Nasional. 

Budi bertanya, "Mengapa perlu ada Asesmen Nasional?" Dan inilah jawaban dari Wati.
Kemudian Budi lanjut bertanya, "Instrumen apa saja yang digunakan dalam Asesmen Nasional?" Begini balasan dari Wati.

Lantas Budi menanyakan seperti ini, "Kompetensi apa yang diukur pada AKM dalam AN?" Dengan sabarnya, Wati menerangkan semacam ini.

Budi penasaran tentang pengaruh dari Asesmen Nasional, dan berbentuk ini pertanyaannya, "Apakah Asesmen Nasional menentukan kelulusan peserta didik?" Wati pun memaparkannya, secara ringkas dan padat.
Budi semakin ingin tahu, dan meneruskan pertanyaannya, "Apakah Asesmen Nasional menggantikan UN?" Lagi-lagi dengan pendeknya, Wati menjawab.
Akhirnya Budi menanyakan hal yang paling penting bagi dirinya, yaitu "Siapa saja yang harus mengikuti Asesmen Nasional?" Penuh rasa santai, Wati mengatakan.
Sebelum Budi mau bertanya lagi, Wati menyergah dan berkata, "Kamu pasti mau tanya hal ini kan?" Dan Budi pun menganggukkan kepalanya, sambil melihat grafis di bawah ini.

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


Wati: "Woi, jangan ketipu!"
Budi: "Emangnya kenapa Kak? Kok sampai teriak begitu."
Wati: "Aku tuh khawatir sama kamu."
Budi: "Ada apa tho Kak. Aku kan jadi bingung."
Wati: "Itu lho panduan yang kamu baca."
Budi: "Emangnya ada apa sih? Jangan bikin penasaran dong."
Wati: "Udah lihat cover-nya?"
Budi: "Udah. Emangnya kenapa sih? Gambarnya kan cuma anak-anak berseragam SMP sedang membahas sesuatu."
Wati: "La di situ masalahnya."
Budi: "Emang masalahnya apa? Aku kok tambah puyeng."
Wati: "Gini lho, itu kan tulisannya berjudul Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila."
Budi: "Yup betul. Terus?"
Wati: "Aku khawatir, kamu nyangkanya itu untuk anak SMP saja."
Budi: "Kirain apa sih? Aku sudah baca isinya. Itu untuk semua jenjang bukan untuk SD saja."
Wati: "Syukurlah. Biasanya kan pasti nyangka itu untuk anak SMP saja."
Budi: "Kalau tak baca, pastinya nyangkanya gitu. Ini fix sih. Yang salah, yang bikin ilustrasinya. Ngapain juga bikin gambar, cuma anak SMP? Kok nggak lengkap. Atau bikin aja yang seragam atasan doang. Kan semua anak sekolah seragamnya sama. Sama-sama putih."
Wati: "Betul juga katamu. Mestinya gambar atasan doang. Tapi ngomong-ngomong, darimana kamu dapat itu panduan?"
Budi: "Tadi disuruh bunda donlot --> DISINI. Dan sekalian di-print."
Wati: "Ya udah. Tapi kan kamu masih SD, ngapain baca begituan?"

Dan besoknya, jreng-jreng panduannya kata ibunya Budi dan Wati, sudah direvisi. Lagi-lagi Budi yang disuruh mengunduh, dan di --> DISINI tempatnya. Budi pun melakukannya sambil garuk-garuk kepala dan berkata, "Kenapa sampulnya nggak anak SD saja?

Mengapa Budi berkata demikian? Lihatlah penampakan sampul panduannya di bawah ini!

Angin Surga Buat Para GTT


Pagi ini, ada berita yang sangat menggembirakan bagi rekan-rekan guru honorer atau guru tidak tetap (GTT). Di Radar Bojonegoro, anak dari Harian Jawa Pos mengabarkan bahwa pemerintah akan menggelar seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di akhir bulan September 2022 ini.

Semua honorer yang telah mengikuti tes PPPK sebelumnya tidak perlu mengikuti seleksi ulang. Ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Bojonegoro.

Tentunya dengan mekanisme sebagai berikut.
1. Mengikuti seleksi PPPK dan lolos passing grade: daftar ulang
2. Mengikuti seleksi PPPK dan tidak lolos passing grade: seleksi latar belakang

Hal ini seperti juknis dari pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang sebentar lagi akan dirilis.

Dan Bojonegoro sendiri mendapat kuota 4.807. Ini merupakan yang paling besar se-Indonesia, menurut Ibu Bupati Bojonegoro, pada suatu pertemuan daring. Dan diperkirakan ada sekitar 1.500 peserta lebih yang lolos passing grade.

Agar lebih jelas, dapat membaca beritanya pada gambar di atas atau membeli Harian Jawa Pos hari ini, 15 September 2022.

Sumber: Harian Jawa Pos

Kamus Istilah Tema 1 Kelas 5

Budi terlihat menggaruk-garuk, kepalanya yang gatal. Melihat hal itu, Wati mendekatinya dan bertanya, "Kamu kenapa?"

"Ini lho Kak, aku bingung dengan istilah-istilah yang ada di Tema 1", jawab Budi.

"O... itu tho? Gampang, lihat atau unduh saja di tautan --> DISINI", balas Wati.

Mencomot Soal AKM yang Ada untuk Dijadikan Latihan Daring

Bapak dan ibu guru pengasuh Kelas 5, yang masih bersemangat untuk memberikan sebanyak-banyaknya latihan menjelang pelaksanaan AKM, dapat berkunjung ke detikedu. Di sana diberikan 20 contoh soal beserta jawabannya. Jadi bisa dijadikan latihan soal AKM daring, tanpa harus berpikir terlalu dalam. 

Tentu dengan mengolahnya terlebih dahulu ke dalam Google Forms. Tentang bagaimana pembuatan soal di situ, dapat membaca artikel berjudul "Bagaimana Cara Membuat Soal AKM?" Dengan mengklik --> DISINI. Apabila tidak, bisa juga berkunjung ke artikel berikut yang berjudul "Membuat Soal & Memberinya Nilai dengan Google Formulir". Artikelnya ada --> DISINI.

Rabu, 14 September 2022

Rangkuman Materi Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013 versi 3


Apabila di postingan sebelumnya ada materi dari Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013, yaitu:
1. Subtema 1 (link-nya klik DISINI
2. Subtema 2 (link-nya klik DISINI
3. Subtema 3 (link-nya klik DISINI
Yang disampaikan setiap hari. 

Dan yang ada di postingan ini merupakan rangkuman dari seluruh materi. Dibagi tiap muatan pelajaran atau mupel. Yaitu dari PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, serta SBdP. Yang terdiri dari dari dua versi. Postingan ini merupakan versi 3, dan klik link-nya.
1. Subtema 1 (DISINI)
2. Subtema 2 (DISINI)
3. Subtema 3 (DISINI)

Sumber: www.heyulita.com

Rangkuman Materi Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013 versi 2


Apabila di postingan sebelumnya ada materi dari Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013, yaitu:
1. Subtema 1 (link-nya klik DISINI
2. Subtema 2 (link-nya klik DISINI
3. Subtema 3 (link-nya klik DISINI
Yang disampaikan setiap hari. 

Dan yang ada di postingan ini merupakan rangkuman dari seluruh materi dari tema tersebut. Dibagi tiap muatan pelajaran atau mupel. Yaitu dari PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, serta SBdP. Yang terdiri dari dari dua versi. Postingan ini merupakan versi 2, dan klik DISINI untuk mengunduhnya.

Sumber: bertema.com




Rangkuman Materi Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013 versi 1

Apabila di postingan sebelumnya ada materi dari Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013, yaitu:
1. Subtema 1 (link-nya klik DISINI
2. Subtema 2 (link-nya klik DISINI
3. Subtema 3 (link-nya klik DISINI
Yang disampaikan setiap hari. 

Dan yang ada di postingan ini merupakan rangkuman dari seluruh materi dari tema tersebut. Dibagi tiap muatan pelajaran atau mupel. Yaitu dari PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, serta SBdP. Yang terdiri dari dari dua versi. Postingan ini merupakan versi 1, dan klik DISINI untuk mengunduhnya.

Sumber: Buku PR Intan Pariwara




Materi Tema 1 Subtema 3 Kelas 5 Kurikulum 2013


Materi Tema 1 Kelas 5 pada Kurikulum 2013 adalah Organ Gerak Hewan dan Manusia. Sedangkan Subtema 1 yang akan dibagikan ini adalah Lingkungan dan Manfaatnya. Dan inilah tautannya: Tema 1 Subtema 3 Kelas 5

Patut diperhatikan bahwa Kompetensi Dasar yang ada di Tema 1  yaitu:

PPKn
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis. 

IPA
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.

IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

SBdP
3.1 Memahami gambar cerita.

Sumber: Bupena Erlangga

Materi Tema 1 Subtema 2 Kelas 5 Kurikulum 2013

Materi Tema 1 Kelas 5 pada Kurikulum 2013 adalah Organ Gerak Hewan dan Manusia. Sedangkan Subtema 2 yang akan dibagikan ini adalah Manusia dan Lingkungan. Dan inilah tautannya: Tema 1 Subtema 2 Kelas 5

Patut diperhatikan bahwa Kompetensi Dasar yang ada di Tema 1  yaitu:

PPKn
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis. 

IPA
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.

IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

SBdP
3.1 Memahami gambar cerita.

Sumber: Bupena Erlangga

Materi Tema 1 Subtema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013


Materi Tema 1 Kelas 5 pada Kurikulum 2013 adalah Organ Gerak Hewan dan Manusia. Sedangkan Subtema 1 yang akan dibagikan ini adalah Organ Gerak Hewan. Dan inilah tautannya: Tema 1 Subtema 1 Kelas 5

Patut diperhatikan bahwa Kompetensi Dasar yang ada di Tema 1  yaitu:

PPKn
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis. 

IPA
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.

IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

SBdP
3.1 Memahami gambar cerita.

Sumber: Bupena Erlangga

Selasa, 13 September 2022

soalakm.com, Situs yang Mantap Jiwa Buat Belajar AKM


Bagi guru-guru yang gemar blusukan di belantara maya, tentulah sangat mudah menemukan tautan-tautan yang berbau AKM. Maklum "indera penciumannya" sudah terlatih dengan baik, sehingga mampu mengenali situs-situs yang bermanfaat. 

Namun berbeda halnya dengan guru-guru yang bertipe mager apalagi uzur, tentu bukanlah persoalan mudah. Jangankan mau blusukan, masuk ke dunia maya saja terkadang ketar-ketir. Takut salah pencet.

Kalau begitu, bikin sendiri saja kan? Tak semudah itu Maszzzeeeh Ferguso Sambo. Meskipun guru, tak banyak yang mampu membuat soal, apalagi ini berwujud AKM. Perlu pelatihan tersendiri. Tak bisa main buat, ada pakem yang harus betul-betul dipahami.

Lantas bagaimana dong solusinya? Ya tentu saja memanfaatkan hasil blusukan guru-guru tadi. Kan nggak mungkin, blusukan nggak dapat hasil? Dan inilah salah satunya. Yaitu situs soalakm.com.

Kok cuma siji ndil? Itu namanya nggak bersyukur. Apa dikira situs itu kurang lengkap? Coba masuk saja, soalnya tidak hanya untuk SD, seperti di tautan ini: Soal AKM SD. Namun juga untuk jenjang lainnya. Selain itu kelebihannya, tinggal klak-klik jawaban saja. Tanpa perlu repot-repot isi ini dan ono.

Ayo Coba AKM Bareng Kawanmu!

Bolehkah latihan AKM ini dikerjakan bersama teman-teman? Tentu saja boleh. Termasuk juga boleh dikerjakan bersama ayah, ibu, kakak, dan adik. Sebab memang tak ada larangan. 

Banyak hal positif  yang dapat kamu raih, saat mengerjakannya bersama teman. Yang pertama dan mungkin saja terjadi adalah "susah sinyal" atau lebih parahnya kehabisan paketan kuota data. Dengan teman, minimal hal ini akan tertanggulangi. 

Bagaimana halnya bila mengalami hal yang sama dan juga sekalian pengikut bokek berjamaah? Terpaksa harus menunggu saat sekolah, untuk cari hotspot. Beda jika tak merasa malu atau ragu-ragu untuk izin nebeng WiFi di tetangga atau warung sebelah rumah. Kalau merasa waktu ke sekolah masih lama, bisa langsung cus sowan ke kerabat terdekat atau ke bapak dan ibu guru. Ini bahkan dapat menjadi silaturahmi ganda. Mantap bukan? 👍👍

Di samping itu--ini yang paling penting--kalian bisa berdiskusi dan saling memberitahu mana-mana yang sudah dipahami. Apalagi situs latihan dari Kemendikbudristek ini belum ada perubahan sama sekali. Sama seperti tahun sebelumnya. Plek leketek. 

Tanpa berpanjang kata inilah sekilas tutorialnya, setelah mengklik tautan: Latihan AKM

Itu tampilan yang akan terlihat, sesudah mengklik. Mau lihat lebih gede? Lihat di bawah ini!
Sudah jelas? Kalau sudah, klik yang warna BIRU. Dan muncul seperti ini:
Pilih dulu jenis kelaminmu. Lalu ketikkan namamu. Kemudian tanggal lahir. Untuk mengisi TOKEN. Geser layar ke kiri. Sesudah terlihat, salin atau ketik di kolomnya. Lalu seperti tadi, klik warna BIRU. Dan jreng-jreng terbitlah ini.
Seperti biasa, klik warna BIRU  lagi. Dan langsung menuju soal. Mudah bukan? 

Lantas untuk tutorial cara pengerjaannya bagaimana? Gampang, tanya saja ke bapak dan ibu guru. Ingat harus mengedepankan kesopanan, jangan pecingisan. Redaksionalnya pun juga harus baik. Contohnya seperti ini:
"Nuwun sewu bapak, bolehkah saya bertanya tentang bagaimana cara mengerjakan latihan soal AKM? Terima kasih sebelumnya, sudah mengganggu dan bikin repot bapak". 
Jangan lupa disertai pose seperti ini: 🙏
Selamat mencoba! 

Membuat Soal & Memberinya Nilai dengan Google Formulir



Untuk membuatnya cukup mudah dan tak membutuhkan waktu lama. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.
  1. Buka formulir di Google Formulir.
  2. Di bagian atas formulir, klik Setelan.
  3. Aktifkan Jadikan ini sebagai kuis.
    • Opsional: Untuk mengumpulkan alamat email, di samping “Jawaban”, klik panah bawah Panah bawah, lalu aktifkan Kumpulkan alamat email.
Tips: Cara tercepat membuat soal adalah dengan membuka g.co/createaquiz . Dan di bawah ini adalah "penampakannya". 😁
Untuk lebih jelasnya langsung saja masuk ke halaman ini: Bantuan Editor Google
Di sana akan dijelaskan secara terperinci tentang bagaimana membuat berbagai tipe soal pilihan ganda dan isian ringkas, beserta pengiriman nilainya untuk peserta didik. 

Bagaimana Cara Membuat Soal AKM?

Memang betul selalu ada celah di balik keluh-kesah. Seperti yang kita ketahui, bahwa dengan "wafatnya" UN atau Ujian Nasional menerbitkan harapan baru akan ketiadaan seragamisasi pengukuran. Tapi seperti apa kata pepatah, "keinginan tak selalu sejalan dengan kenyataan". Sebab sesaat kemudian "lahirlah" yang namanya AN atau Asesmen Nasional. 

Bagi penerbit dan penulis, khususnya yang menspesialisasikan diri di bidang pembuatan soal, tentu kelahiran ini disambut dengan gegap gempita. Dan dianggap berkah. Karena periuk mereka tetap bisa dibuat untuk menanak nasi. Sebab kucuran cuan tetap mengalir deras. Lihat saja buktinya pada gambar di atas. Itu cuma beberapa saja.

Namun berbeda dengan beberapa kalangan. Mereka menganggap ini hanya akal-akalan saja. Cuma beda huruf U dan A doang. Apalagi dengan mengadakannya, bukan di kelas akhir. Namun di kelas 5, 9, dan 11, di awal tahun ajaran. Dengan materi sampai kelas akhir. Mana ada anak yang sudah membaca materi semester dua plus ditambah kelas selanjutmya? Materi semester satu saja, belum kelar dan paham. 

Bagi guru sendiri, fenomena di atas juga dirasakan. Tapi apa boleh buat, mereka pasti akan manut. Walaupun ditemani sambat tipis-tipis. Mengapa tipis-tipis? Biar nggak dicap pemalas. Suka makan gaji buta. Dan seabrek prasangka buruk lainnya. 

Dan artikel ini coba memapah beliau-beliaunya ini, agar sedikit memahami cara pembuatan soal AKM sebagai bagian integral dari AN. Lalu mencoba-coba untuk membuatnya. Dan di bawah ini, langkah-langkah dalam pembuatannya.
  1. Menentukan Konten Soal
  2. Menentukan Jenis Soal
  3. Menentukan Proses Kognitif
  4. Menentukan Konteks Soal
  5. Menjadikan Contoh Soal AKM Kemendikbud Sebagai Referensi
Untuk lebih mendalaminya, dapat berkunjung ke situs ini: www.diaryguru.com